Pengertian Kain Katun dan Sejarah Bahan

pengertian kain katunPengertian Kain Katun dan sejarah bahan. Sejak dulu manusia sudah bisa memenuhi kebutuhan akan pakaian mereka salah satunya dengan kain katun meski banyak saat yang tidak tahu pengertian kain katun. Padahal kebanyakan orang pastinya tahu kain tersebut meski hanya dari contohnya saja. Bagi anda yang belum tahu apa sebetulnya kain katun, sebaiknya anda pahami terlebih dahulu sejarah dan pengertiannya. Ini penting sebagai upaya untuk menambah informasi tentang pengetahuan anda dalam masalah kain khususnya kain katun.

Pengertian Kain Katun

Kain katun berasar dari kata cotton dalam bahasa inggris yang artinya adalah kapas sebagaimana ada dalam pengertian kain katun. Dengan begitu, biasa diartikan bahwa kain katun adalah kain yang terbuat dari bahan dasar kapas. Memang benar demikian bahwa kain tersebut terbuat dari serat kapas yang kemudian dipintal menjadi benang. Benang tersebut kemudian dirajut sehingga bisa menghasilkan kain, dan kini hasilnya lebih rapih dengan penggunaan teknologi.

Sejarah Kain Katun
Berbicara tentang sejarah kain katun, ada beberapa catatan yang menyebutkan hal tersebut. Disebutkan bahwa proses memintal serat kapas menjadi sebuah benang telah ada pada jaman dahulu di India. Para ahli percaya bahwa India-lah negara yang pertama mengetahui tentang cara pembuatan kain dengan pemintalan benang menjadi sebuah kain ini. Lalu kemudian seiring dengan berjalannya waktu, kain ini terus bertransformasi menjadi sesuatu yang lebih rapih dan kuat.

Pada abad pertengahan, memang produksi kain di beberapa negara sudah mulai meningkat. Bahkan dari data sejarah, india menjadi salah satu negara penghasil industri kain terbesar. Hal itu terjadi memang karena pada waktu itu wilayah industri dari india sangat diperhatikan dengan baik sehingga bisa menghasilkan hasil yang maksimal. Perdagangan-pun berjalan dengan baik yakni dimana peminat kain-kain tersebut berdatangan dari berbagai negara di dunia. Lalu, seiring ditemukan teknologi baru, selanjutnya ad aupaya menggabungkan bahan dasar kain katun tersebut dengan bahan lain sehingga menghasilkan produk baru.

Dengan memahami sejarah dan pengertian dari katun, maka ini bisa membantu kita menemukan salah satu produk terbaik dari pilihan yang ada dalam contoh kain katun.